Senin, 11 Mei 2015

RFID ???


RFID, Radio Frequency Identification, merupakan sistem yang mengirimkan identitas tertentu (berbentuk serial number unik) dari objek tertentu secara nirkabel, menggunakan gelombang frekuensi radio. Untuk itu minimal dibutuhkan dua buah perangkat, yaitu yang disebut Tag dan Reader. Tag berisikan informasi objek. Saat pemindaian data, Reader akan menerima sinyal yang diberikan oleh RFID Tag yang berisikan informasi.

Komponen – komponen pada RFID
1.     Tag
2.     RFID Reader
3.     Host Controller
4.     Middleware
Tag
RFID Tag merupakan alat untuk menandai objek yang ingin dikenali. Pada RFID Tag terdapat informasi mengenai objek. Komponen utama dari RFID tag adalah chips dan tag-antena yang disebut dengan inlay. Memori tag hanya sebesar 4kB



Komponen pada RFID Tag
        Chip
Menyimpan dan memproses informasi, modulasi dan demodulasi sinyal frekuensi radio (RF), mengumpulkan energi DC dari pengirim sinyal
        Antena
Antena pada RFID berfungsi untuk sebagai pengirim dan penerima sinyal. Pada RFID Tag pasif, antena juga dapat berfungsi sebagai penyedia sumber energi listrik melalui gelombamg electromagnetic DC.
        Battery (opsional)
Battery pada RFID berfungsi sebagai sumber energi hanya saja tidak semua RFID memiliki battery

Jenis - jenis RFID Tag
Berdasarkan keaktifan
·       Tag pasif
RFID yang pasif tidak memilih power supply sendiri. Dengan hanya berbekal induksi listrik yang ada pada antena yang disebabkan oleh adanya frekuensi radio scanning yang masuk, sudah cukup bagi RFID tag untuk mengirimkan respon balik. Modulasi akan aktif setelah Tag menerima sinyal dari reader.
·       Tag aktif
RFID yang aktif, di sisi lain harus memiliki power supply sendiri dan memiliki jarak jangkuan yang lebih jauh. Memori yang dimilikinya juga lebih besar sehingga bisa menampung berbagai macam informasi di dalamnya. Modulasi aktif langsung dari tag sendiri.
Berdasarkan cara kerja
·       Read-only
Tag dengan cara kerja read-only berarti Tag tersebut informasinya hanya dapat dibaca, tanpa bisa diganti informasinya
·       Read-write
Tag dengan cara kerja read – write, Tag tersebut dapat dibaca dan diganti informasinya

RFID Inferogator
RFID Reader terdiri atas antena dan alat pembaca
merupakan alat pembaca RFID TAG. Ada dua macam RFID READER yaitu READER PASIF (PRAT) dan READER AKTIF (ARPT).
o   READER PASIF
memiliki sistem pambaca pasif yang hanya menerima sinya radio dari RFID TAG AKTIF (yang dioperasikan dengan baterai/sumber daya). Jangkauan penerima RFID PASIF bisa mencapai 600 meter. Hal ini memungkinkan aplikasi RFID untuk sistem perlindungan dan pengawasan aset.
o   READER AKTIF
memiliki sistem pembaca aktif yang memancarkan sinyal interogator ke TAG dan menerima balasan autentikasi dari TAG. Sinyal interogator ini juga menginduksi TAG dan akhirnya menjadi sinyal DC yang menjadi sumber daya TAG PASIF.

·       Antena
Antena pada RFID berfungsi untuk sebagai pengirim dan penerima sinyal, antenna RFID Reader berfungsi menangkap informasi yang dikirim oleh Tag


Host Controller
Host controller untuk sistem RFID biasanya terhubung komputer desktop atau laptop, yang terletak dekat dengan reader. Controller ini memiliki dua fungsi utama. Pertama, menerima data dari reader dan melakukan pemrosesan data seperti filtering dan collation. Kedua, perangkat monitor untuk memastikan reader berfungsi dengan baik, sekaligus mengamankan dan memperbarui instruksi pada sistem RFID.
Middleware/controller

software yang mengatur komunikasi antara reader dan sistem secara keseluruhan. Middleware ini mengumpulkan, menyaring, dan menerapkan aturan tertentu yang diterima dari reader. Middleware juga menyediakan fungsi pengaturan dan pengawasan untuk memastikan reader terhubung, berfungsi dengan baik, dan dikonfigurasi dengan benar.
Cara Kerja RFID
        Sistem RFID Active Reader Pasive Tag
Antena pada Reader berfungsi melakukan komunikasi via sinyal dengan tag RFID, dan menyediakan energi bagi RFID tag. Ketika tag RFID mendapat dengan sinyal antena, perangkat ini akan mendeteksi sinyal aktivasi dari antena yang “membangunkan” chip RFID. Chip ini akan mengirim informasi untuk diterima antena. Kemudian Informasi akan diteruskan reader menuju server
·       Sistem RFID Pasive Reader Active Tag

Ketika obyek berada pada jarak yang tepat, RFID TAG akan melakukan proses modulasi, chip pada Tag akan mengirimkan informasi yang mana akan dikirim oleh antena melalui sinyal. Selanjutnya sinyal tersebut akan diterima oleh reader dan informasi akan diteruskan ke server

1 komentar: